Belajar Eksplorasi pada Usia Sekolah

Kompas, halaman 11

Selaras masa tumbuh kembang anak yang sarat gerak eksploratif, model pembelajaran untuk anak usia dini seyogianya menghindari klasikal. Pembelajaran untuk anak usia prasekolah (0-6 tahun) akan lebih efektif dengan pola permainan dinamis, tanpa dijejali ceramah. Hal ini disampaikan Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemdikbud Ella Yulaelawati.

Menurut Ella, pendidikan karakter berupa toleransi serta kesadaran akan literasi ekonomi, literasi lingkungan, dan jender dapat diterapkan secara eksploratif dan interaktif. Ia mencontohkan, literasi ekonomi dapat diparalelkan dengan kesadaran vokasional. Midalnya, mengarahkan anak bermain jual beli. Dengan cara itu, anak akan memahami konsep produksi, konsumsi, dan distribusi, sekaligus memahami alat tukar dan perangkat kerja lainnya.

Pembelajaran PAUD yang baik akan menopang pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG). Kisaran 10-15 tahun ke depan, anak-anak peserta PAUD saat ini akan menapak usia produktif. Hal ini relevan dengan bonus demografi.

Terkait dengan itu, psikolog perkembangan anak Universitas Negeri Jakarta, Iriani Indri Hapsari, mengatakan, bermain peran di PAUD sangat baik untuk perkembangan anak. Pasalnya, imajinasi anak sedang berkembangan pesat. Bermain peran membantu mereka mengekspresika diri dan mengenal struktur masyarakat. Ia menerangkan, hingga anak berusia delapan tahun, mayoritas kegiatan mereka hendaknya diisi permainan mendidik. Memaksa anak belajar membaca, menulis, dan berhitung secara konvensional berdampak buru terhadap tumbuh kembang mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s