Dorong Pemuda agar Berdaya dan Kreatif

Kompas, halaman 12, Sabtu, 29 Oktober

Pemberdayaan pemuda di desa-desa terluar, terdepan, dan tertinggal harus menjadi prioritas. Namun, pemerintah tak ingin kecakapan pemuda hanya dilihat dari sisi akademis. Kreativitas dan daya juang juga merupakan aspek yang dibutuhkan oleh negara. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan,  saat ini, jumlah pemuda Indonesia, yaitu warga negara berusia 16-30 tahun, mencapai 61,8 juta jiwa. Setara dengan 24 persen dari keseluruhan jumlah penduduk. Ia mengatakan, negara membutuhkan pemuda unggul yang bisa berpikir di luar pakem.

Imam mengatakan, pada masa mendatang, porsi pemuda di Indonesia akan semakin besar. Agar kondisi itu memberikan dampak positif, para pemuda harus benar-benar berdaya. Karena itu, setiap sektor harus benar-benar memikirkan cara mendidik dan memberdayakan pemuda. Tanpa pengembangan potensi yang baik, jumlah pemuda yang besar justru bisa mendatangkan masalah.

Pelaksana tugas Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Faisal Abdullah mengatakan, mayoritas pemuda Indonesia sadar dan memiliki gagasan kreatif, tetapi mereka tidak memiliki akses untuk mengembangkan. Maka, salah satu program Kemenpora ialah memberi beasiswa dan bantuan modal bagi pemuda kreatif. Mereka tak harus berprestasi akademis, tetapi wajib memiliki kegiatan yang berkontribusi bagi masyarakat.

Sementara itu, dalam Simposium 88 Tahun Sumpah Pemuda, di Jakarta, KH Maman Imanulhaq, Ketua Lembaga Dakwah PB Nahdlatul Ulama, menyatakan, Indonesia tangah menanti kebangkitan anak-anak muda. Ia mengimbau rakyat Indonesia agar membangun optimisme kolektif, bahwa suatu saat para anak muda Indonesia akan mampu mewujudkan mimpi Indonesia menjadi bangsa terhormat di antara bangsa-bangsa lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s