Daerah Diminta Dukung PAUD

Kompas, halaman 11

Pendidikan anak usia dini bagi anak berusia 0-6 tahun harus mulai menjadi perhatian pemerintah daerah. Bahkan, daerah didorong mewajibkan anak mengikuti pendidikan anak usia dini minimal satu tahun, terutama di usia 6 tahun, agar siap memasuki pendidikan di SD.

Menurut Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ella Yulaelawati, di Jakarta, Senin (31/11), dari 4,76 juta anak usia dini di tahun 2016, separuh di antaranya sudah duduk di bangku SD. Meski usia wajib belajar SD dalam undang-undang dimulai usia 7 tahun, anak usia 6 tahun yang sudah memenuhi syarat, cukup banyak yang sudah bersekolah di SD.

Ella mengatakan bahawa anak usia 6 tahun merupakan usia yag tanggung. Ada yang sudah dapat masuk ke SD, tetapi juga ada yang masih di PAUD. Untuk itu Kemendikbud mendorong anak usia 6 tahun ini agar bisa dijamin mendapatkan layanan PAUD yang memenuhi standar pelayanan minimal di daerah. Sayangnua ketentuan ini belum bisa diwajibkan ke daerah.

Menurut Ella, perkembangan PAUD di Indonesia cukup pesat, yakni mencapai sekitar 190.000 institusi. Bantuan pemerintah pusat untuk guru PAUD ataupun biaya operasional masih minim, atau belum mencakup semua PAUD yang 90% dikelola atas inisiatif masyarakat. Cakupan layanan PAUD, idealnya dimulai usia 0-6 tahun. Saat ini, laynan PAUD formal dan nonformal berkembang untuk usia 3-6 tahun yang jumlahnya 19 juta lebih anak. Perkembangan PAUD masih seadanya tanpa standar pelayanan minimal. Padahal, intervensi anak usia dini merupakan investasi yang sangat baik untuk menyiapkan generasi lebih handal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s