Sistem Pemilihan Rektor Akan Dibahas Ulang

Koran Tempo, halaman 7

Komisioner Ombudsman RI Laode Ida mengatakan, dalam waktu dekat, timnya akan membahas sistem pemilihan rektor. Rapat tersebut kemungkinan akan di laksanakan pada hari Jumat ini dengan Kemenristek Dikti dan beberpa pakar pendidikan.

Laode menyebutkan, kecurangan dan masalah pemilihan rektor yang sempat terjadi di beberapa daerah bisa menjadi momentum pembahasan ini. Ia menyarankan agar pemilihan rektor perlu memasukan syarat, seperti intelektual, derajat integritas tinggi, serta pengalaman. Menurut dia, selama ini banyak calon rektor yang belum berpengalaman yang akhirnya dipilih hanya karena ia dikenal dengan baik atau diusung pebisnis yang akan berhubungan dengan proyek di kampus itu.

Pemilihan rektor memiliki sejumlah tahap. Pertama, tahap penjaringan. Dalalam tahap ini, para bakal calon akan disaring dan dipilih untuk menjadi tiga calon. Selanjutnya, tahap pemilihan; dalam tahap ini senat perguruan tinggi serta Menteri Riset akan memilih satu dari tiga nama calon itu menjadi rektor. Dalam tahap pemilihan, senat perguruan tinggi – terdiri atas guru besar dan petinggi perguruan tinggi – memiliki 65 persen suara. Sisa suata adalah milik Menteri Riset.

Ketua Forum Rektor Indonesia Rochmat Wahab setuju dengan Laode untuk tetap mempertahankan suara menteru dalam pemilihan. Alasannya, dengan begitu, ada ketertarikan rektor yang koordinasinya berada du bawah menteri untuk ikut memajukan program nasional di tingkat universitas. Sedangkan anggota Komisi Pendidikan Dewan Perwakilan Rakyat, Jefirston R. Riwu Kore, kurang setuju dengan perbandingan suara pemilihan 35:65 karena dianggap menjadi salah satu akar masalah terjadinya calo rektor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s