AS Dukung Gerakan Literasi Sekolah di Sumatera Utara

www.thejakartapost.com

Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah menyatakan komitmennya untuk mendukung gerakan literasi sekolah (GLS) di Indonesia, yang untuk pertama kalinya dimulai di sebuah lembaga pendidikan swasta di Sumatera Utara (Sumut).

Konsul AS untuk Sumatera, Juha P. Salin, selama acara  deklarasi di Yayasan Pendidikan Parulian Medan, mengatakan, GLS tersebut sangat membantu bagi siswa untuk meningkatkan minat dan keterampilan membaca. Dengan keterampilan membaca yang lebih baik, lanjutnya, siswa bisa lebih memahami materi pembelajaran. Program literasi ini sudah seharusnya dilaksanakan di sekolah-sekolah. Pihaknya berharap sekolah dan lembaga pendidikan lainnya juga bisa ikut meluncurkan program literasi tersebut.

Beberapa anggota DPR RI dan anggota DPRD beserta pejabat dinas pendidikan Sumatera Utara juga turut hadir dalam acara tersebut. Kepala Yayasan Pendidikan Parulian,  Sopar Siburian, mengatakan, sekolahnya merupakan lembaga pendidikan swasta pertama di Sumut yang telah mendeklarasikan GLS. Deklarasi tersebut, lanjutnya, dapat terealisasi berkat dukungan  dari pemerintah AS melalui USAID Prioritas (Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators and Student).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut Aspan Sofian mengatakan, program GLS telah dicanangkan di 15 kabupaten dan kota di seluruh provinsi Sumut. Disdik Sumut berencana untuk mendeklarasikan program GLS di tingkat provinsi pada bulan Desember.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s