Komitmen Daerah Rendah

Kompas, halaman 12

Komitmen sebagian besar pemerintah daerah untuk memajukan pendidikan di wilayah mereka dinilai masih rendah. Komitmen terhadap pendidikan juga masih sangat bergantung pada kepala daerah yang sedang berkuasa. Akibatnya, sistem pendidikan di sekolah tidak dapat berjalan baik. Situsasi itu terjadi di tengah tuntutan yang besar terhadap tersedianya sumber daya manusia berdaya saing tinggi di tingkat ASEAN ataupun dunia. Karena itu, peningkatan kualitas pendidikan tetap menjadi pekerjaan besar dan krusial bagi Indonesia.

Persoalan tersebut mengemuka dalam seminar bertajuk “Making School Works” yang dilaksanakan Bank Dunia dan didukung Pemerintah Australia, di Jakarta, Selasa (1/11). Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Didik Suhardi yang hadir dalam acara tersebut, mengatakan, cukup banyak pula kabupaten atau kota yang anggaran pendidikan di daerahnya minus. Selain itu, tidak semua dana transfer daerah dari pemerintah pusat dialokasikan untuk pendidikan. Kondisi ini membuat layanan pendidikan tidak berjalan optimal.

Salah satu dampak dari komitmen yang berbeda-beda dari pemerintah daerah terhadap pendidikan ialah kondisi sekolah yang sangat beragam dari satu daerah ke daerah lainnya. Didik mengatakan, 230.000 sekolah tingkat SD hingga SMA/SMK memiliki kondisiberagam. Dari hasil akreditasi, porsi sekolah yang meraih A dan B baru sekitar 50 persen. Sebagian besar pendanaan pendidikan bagi sekolah-sekolah itu masih ditanggung dari APBN. Padahal, pemerintah daerah seharusnya juga berjuang keras supaya sekolah-sekolah di wilayah mereka bisa mencapai standar nasional pendidikan.

Manajer Praktik Global untuk Pendidikan Asia Pasifik Bank Dunia Harry A Patrinos mengatakan, pemerintah bertanggung jawab menciptakan sistem pendidikan yang baik di sekolah-sekolah sehingga pendidikan bermanfaat bagi pembangunan. Sekolah yang efektif diwujudkan dengan hasil belajar yang baik dan bermanfaat, bukan sekadar memiliki nilai ujian yang bagus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s