Pemerintah Swedia Tawarkan Beasiswa S2

www.antaranews.com

Pemerintah Swedia melalui Swedish Institute Study Scholarship (SISS) menawarkan beasiswa jenjang pendidikan strata dua (S-2) bagi pelajar asal Indonesia. Educational Consultant dari Nordic Student Service Titi Holmgren mengatakan, SISS menawarkan beasiswa studi berbagai universitas di Swedia, baik untuk program setahun maupun dua tahun.
Hal tersebut diungkapkannya dalam acara “Info Session Study in Sweden” di kampus Universitas Diponegoro, Semarang. Selain beasiswa pendidikan, Titi mengatakan bahwa SISS juga menyediakan biaya hidup sebesar 9.000 Krona Swedia per bulan serta “travel grant” untuk biaya pulang ke Indonesia.

Berbeda dengan sejumlah beasiswa lain, SISS tidak menentukan batasan usia. Di samping itu, SISS juga memberikan kesempatan pada pelajar yang belum beruntung di tahun sebelumnya untuk terus mendaftar kembali.

Swedia sebagai salah satu negara maju yang menyediakan investasi cukup tinggi di bidang pendidikan dan penelitian, lanjut dia, kualitas universitas di negara itu hampir semuanya bagus karena seluruhnya berada di bawah pengawasan sistem pemerintah. Titi yang pernah mengenyam pendidikan di Swedia juga mengungkapkan bahwa masyarakat di sana sangat toleran dan menghargai perbedaan sehingga pelajar Indonesia khususnya mahasiswa muslim tidak perlu khawatir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s