Suara Menteri pada Pemilihan Rektor Sudah Dipertimbangkan

Suara Pembaruan, halaman 17

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang juga pembuat Peraturan Menteri Tata Cara Pemilihan Rektor, Prof Mohammad Nuh, mengatakan, adanya isu calo pada pemilihan rektor sangat disayangkan. Pasalnya, pemerintah telah menetapkan prosedur pemilihan rektor berdasarkan Permen Nomor 24 tahun 2010 tentang Tata Cara Pemilihan Rektor. Dalam hal ini, menteri memiliki hak suara 35% dan senar 65% dalam pemilihan rektor.

Menurut Nuh, masih adanya kuota suara dari menteri karena menteri merupakan pihak yang bertanggung jawab penuh dalam pemilihan rektor hingga kontribusi ke depannya. Selain itu, akan terjadi masalah baru jika tidak ada kontribusi suara dari menteri. Dijelaskan Nuh, awalnya menteri memiliki hak penuh atas pemilihan rektor. Namun, suasana tersebut dinilai kurang ramah karena senat dan masyarakat kampus lainnya tidak bisa ikut berkontribusi.

Adanya kuota 35% untuk menteri sebetulnya hanya untuk keseimbangan jika diperlukan. Pasalnya, senat memiliki wewenang lebih besar hingga proses penyaringan, lalu menyerahkan tiga nama alon ke menteri sesuai kriteria. Selanjutnya, Nuh juga mengatakan, jika pilihan dari senat memenuhi syarat, maka hak suara menteri tidak berpengaruh. Menteri hanya memiliki wewenang menyediakan kriteria bakal calon rektor.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Rochmat Wahab mengatakan, kuota menteri 35% sangat bisa dipahami, karena pemerintah masih sharing dana dan dukungan pada perguruan tinggi negeri untuk menyukseskan kebijakan nasional, seperti pemihakan terhadao warga tidak mampu dan warga dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s