Indonesia Akan Menjadi Pusat Psikolog Muslim Dunia

www.republika.co.id

Indonesia akan menjadi pusat aktivitas Perhimpunan Psikolog Muslim Internasional (IAMP) yang ditandai dengan penyelenggaraan Konferensi Internasional ke-5 pada 4-6 November 2016 di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Siaran pers dari UGM yang diterima Antara di Jakarta, Rabu menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kerja sama empat perguruan tinggi di Yogyakarta yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Universitas Islam Indonesia (UII), dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD), serta 2 asosiasi profesi yaitu IAMP dan Asosiasi Psikologi Islam (API).

Bagus Riyono, dosen Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, mengatakan, penyelenggaraan konferensi 2016 tersebut istimewa karena merupakan momentum untuk memindahkan kepemimpinan dan manajemen organisasi IAMP yang sekarang berada di Malaysia ke Indonesia. Dengan demikian, nantinya kegiatan IAMP akan lebih banyak diselenggarakan di Indonesia.

Konferensi internasional yang diadakan setiap dua tahun sekali ini akan menggelar pembentukan kepengurusan internasional di Indonesia. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia dinilai memiliki potensi untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan psikologi Islam.

Harapan semacam ini sebelumnya telah terlontar dalam berbagai konferensi internasional serta oleh para ahli psikologi dari berbagai negara yang sempat mengunjungi Indonesia. Bagus berharap konferensi ini akan mendorong perkembangan ilmu psikologi Islam di Indonesia.

Pada tahun ini, konferensi internasional tersebut akan menghadirkan pembicara dari sepuluh negara dengan tema Psikologi Anak Dalam Islam dengan perspektif Islam dan kulturnya.

IAMP melihat berbagai kenyataan yang tidak menyenangkan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari anak-anak dan keluarga Muslim yang tinggal di Afrika, Timur Tengah, Asia Tengah, Asia Selatan dan Asia Tenggara. Hasil penelitian mengenai keluarga, kesulitan yang dihadapi anak-anak, dan kesehatan mental berbasis sekolah akan menjadi agenda utama dalam konferensi tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s