Ribuan Dosen Jadi Pegawai Pemerintah

Media Indonesia, halaman 11

Guna mengatasi persoalan kekurangan dosen, khususnya di perguruan tinggi baru, pemerintah akan melakukan pengangkatan 5.350 dosen menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Akan tetapi, dalam prosesnya masih dilakukan validasi. Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Ali Ghufron Mukti menjelaskan, realisasi pengangkatan dosen tersebut sebagaimana diatur dalam PP N0. 10/2016 tentang Dosen dan Tenaga Kependidikan pada perguruan tinggi negeri baru.

Nantinya para dosen tersebut berstatus aparat sipil negara dan hak-hak mereka hampir sama dengan dosen PNS. Hal yang dimaksud antara lain hak untuk mengajar, mendapat beasiswa, hak meneliti, hak mendapatkan jaminan kesehatan, hak meniti karir akademik, hingga hak untuk mencapai posisi di level pimpinan seperti kepala progra studi dan dekan.

Pakar pendidikan Arief Rachman menekankan bahwa pemerintah jangan asal mengangkat dosen menjadi P3K. Upaya percepatan pengisian  kekosongan dosen tentu harus memenuhi syarat kualitas dosen yang sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi. Namun, ia meyakini, Kemenristek Dikti tentu punya ukuran untuk menentukan kualitas dosen yang diinginkan. Semisal, mengacu pada Tridarma Perguruan Tinggi antara lain memiliki peningkatan dalam pengembangan akademis, minta menjadi peneliti, dan semangat dalam pengabdian masyarakat.

Sebelumnya, Ali Ghufron menjelaskan, dalam empat tahun mendatang bakal ada sekitar 10 ribu dosen memasuki masa pensiun. Dalam dua tahun ini hampir tak ada pembukaan calon PNS untuk dosen, padahal kebutuhannya cukup mendesak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s