Sekolah di Purwakarta Dilengkapi Ruang Ibadah untuk Siswa Non-Muslim

www.kompas.com

Sekolah di Purwakarta kini dilengkapi dengan ruang khusus untuk ritual peribadatan pelajar non-Muslim. Penyediaan ruang khusus ini memungkinkan semua pelajar non-Muslim beribadah sebelum jam pelajaran dimulai. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menjelaskan, hal tersebut menjadi bagian dari implementasi konsep pendidikan berkarakter Purwakarta yang sudah dilaksanakan sejak 2008 silam. Ia menilai keberagaman agama para pelajar di Purwakarta harus diakomodasi dalam dunia pendidikan dan menjadi kewajiban pemerintah menyiapkan peranti ibadah untuk mereka.

Selain ruang khusus beribadah bagi semua agama, Pemkab Purwakarta juga menyiapkan guru rohani berikut guru pembimbing yang mengajarkan pelajaran agama sesuai dengan kurikulum. Guru rohani ini didatangkan untuk memberikan pendalaman terhadap kitab agama sesuai dengan agama yang dianut para pelajar.

Dedi menjelaskan, SMP Negeri I Purwakarta ini menjadi pilot project, guru rohani berikut tempat beribadah bagi semua agama ada di sekolah itu. Menurut Dedi hal Ini penting untuk menjaga suasana toleransi di Purwakarta.

Kepala SMP Negeri I Purwakarta Heri Wijaya mengatakan, kebijakan ini telah berlangsung sejak lama dengan orientasi menciptakan suasana saling menghargai agama dan kepercayaan yang dianut para siswa, baik yang seagama maupun berbeda agama.

Komentar positif pun datang dari salah satu tokoh agama Katolik Purwakarta, Zakarias Kayus. Ia berujar, kebijakan yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Purwakarta ini merupakan pertama kali dilakukan di Indonesia. Dia berharap langkah ini ditiru oleh daerah lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s