Sekolah Swasta Butuh Dukungan

Kompas, halaman 11

Pendidikan swasta harus dipandang sebagai mitra pemerintah dalam upaya bersama-sama mecerdaskan anak bangsa. Sayangnya, dalam perkembangan di lapangan, keberadaan sekolah swasta lebih dianggap “rival” dari sekolah-sekolah negeri milik pemerintah daerah (pemda). Banyak sekolah swasta yang kekurangan murid karena sekolah negeri terus berekspansi. Hal itu dikemukakan Ketua Umum Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia (MPK) David J Tjandra. Ada 320 yayasan dengan sekitar 7.000 sekolah yang bergabung di MPK di seluruh Indonesia. David mengajak sekolah-sekolah berbasiskan agama Kristen berkontribusi nyata dalam pembangunan pendidikan.

Ia mengatakan, sekolah swasta, banyak yang berkiprah membuka akses pendidikan jauh sebelum republik ini berdiri. Sekolah swasta memang terbiasa mandiri, tetapi dukungan pemerintah dibutuhkan , termasuk subsidi pendanaan dan bantuan guru. Sebab, hanya sekitar 10 persen saja sekolah swasta yang berkategori level atas.

David menambahkan, banyak sekolah swasta terancam tutup karena kekurangan murid. Hal itu disebabkan salah satu dari kebijakan pemerintah daerah yang membolehkan sekolah negeri terus menambah kapasitas murid. Padahal, di sekitarnya ada sekolah swasta yang bisa menjadi pilihan. Semestinya ada perlakuan adil untuk sekolah swasta.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pembangunan Karakter Arie Budiman mengatakan, pemerintah mengapresiasi kontribusi MPK dalam pendidikan di tanah air. Menurut Arie, generasi emas 2045 perlu dipersiapkan dengan karakter yang kuat, kecakapan literasi, dan keterampilan abad ke-21. Untuk mewujudkan ini semua, perlu dukungan MPK dalam menghadirkan pendidikan yang baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s