Isu Suap Pemiihan Rektror Kemenristekdikti Siapkan Surat Edaran

Suara Pembaruan, halaman 17

Terjadinya permasalahan akibat adanya isu suap pada pemilihan rektor  di beberapa perguruan tinggi (PT) mendorong Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof Mohamad Nasir menyiapkan surat edaran (SE) kepada seluruh perguruan tinggi (PT) di Indonesia terkait dengan proses pemilihan rektor.  Nasir menyebutkan, SE akan segara diedarkan keseluruh perguruan tinggi guna mengingatkan kembali fungsi senat dalam pemilihan rektor. Tujuannya adalah menghimbau senat untuk menggunakan hak suaranya sebaik mungkin dan sebagaimana mestinya.

Nasir mengatakan semua harus transparan, jangan ada permainan dalam pemilihan rektor. Pemilihan rektor harus bersih dari praktik suap maupun permainan lain. Pihaknya tengah mempersiapkan SE untuk menghindari praktik kecurangan pemilihan rektor. Ia menambahkan pihaknya juga akan menggunakan hak suara menteri sebagaimana semestinya. Dia mengaku tidak pernah menggunakan suara 35% untuk kepentingan individu atau siapapun. Semua digunakan untuk kepentingan PT.

Dijelaskan dia, hak suara 35% berfungsi sebagai bentuk kontrol dari pemerintah. Maka dalam SE akan disertakan dua persyaratan utama yang harus dipenuhi para bakal calon rektor. Pertama, calon rektor harus memiliki kompetinsi dan kedua, ia harus bersih dari catatan inspektorat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s