Kemenristek Dikti Fokus Politeknik

Media Indonesia, halaman 11

Arah kebijakan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) pada 2017 akan fokus pada politeknik guna menghilangkan stereotip politeknik sebagai perguruan tinggi kelas dua. Hal itu ditegaskan Menteristek Dikti M Nasir saat kunjungan kerjanya ke Politeknik Manufaktur (Polman) Negeri Bandung, Jawa Barat, kemarin (3/10).

Nasir menjelaskan, bergabagai upaya pun dilakukan, seperti menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan industry serta mendorong pencapaian akreditasi A. Kualitas laboratorium, infrastruktur, dan sumber daya manusia yang ada di poltek, khsusunya dosen, juga akan ditingkatkan.

Para dosen, lanjut Nasir, diikutkan berbagai pelatihan, baik itu di dalam maupun di luar negeri untuk mendapatkan sertifikat ahli di bidang masing-masing. Hal itu merupakan bagian dari upaya revitalisasi pendidikan vokasi, khususnya yang akan dilakukan pemerintah terhadap politeknik. Anggaran yang digelontorkan untuk revitalisasi pendidikan vokasi sebesar Rp200 miliar dan akan terus ditambah pada 2017.

Nasir menambahkan, pihaknya juga tengah menguapayakan politeknik ikut dalam seleksi bersama masuk perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Pihaknya, lanjut Nasir, sudah mengumpulkan para rektor dan direktur guna membahas rencana tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s