Lanjutkan Vokasi di Politeknik

Kompas, halaman 11

Dukungan pada pendidikan vokasi terus menggaung dari tingkat pendidikan menengah atas hingga perguruan tinggi atau PT. Lulusan SMA/SMK sederajat didorong melanjutkan studi ke politeknik. Seleksi masuk politeknik akan digabung dengan PT akademik. Hal ini dikatakan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir. Ia mengatakan, pilihan untuk merevitalisasi politeknik karena banyak negara maju yang memiliki pendidikan vokasi yang baik. Bagi Indonesia, penguatan politeknik untuk menjamin tersediannya tenaga kerja berkualitas dan mendorong inovasi.

Menurut Nasir, salah satu cara untuk membuat politeknik makin jadi pilihan adalah dengan memperbaiki seleksi. Kemristekdikti akan mendorong agar penerimaan mahasiswa baru di politeknik mulai tahun 2017 bisa digabungkan dalam Seleksi Nasionla Masuk PTN (SNMPTN).

Isa Setyasah Toha, Direktur Politeknik Manufaktur Negeri Bandung yang juga Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Indonesia, mengatakan, politeknik membutuhkan dukungan untuk sosialisasi bahwa pendidikan vokasi tidak kalah menjanjikan dibandingkan PT akademik. Menurut Isa, integrasi seleksi masuk politeknik ke SNMPTN memungkinkan, sebab sebenarnya setara dengan S1 yang disebut pula sarjana terapan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Iptek dan Pendidikan Tinggi Kemristekdikti Patdono Suwignjo mengatakan, kurikulum politeknik disesuaikan dengan kebutuhan industri dan mendorong akreditasi yang baik, peningkatan mutu laboratorium, infrastruktur, serta dosen. Anggaran yang disiapkan untuk revitalisasi pendidikan vokasi di 12 politeknik sekitar Rp 200 miliar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s