Pertajam Arah Studi Politeknik

Kompas, halaman 12

Dari 43 perguruan tinggi negeri atau PTN vokasi di Indonesia, hanya 12 yang memiliki program studi terarah. Kondisi itu berdampak pada mutu lulusan dan penyerapan tenaga kerja. Karena itu, perlu dilakukan pembenahan yang mendasar. Hal itu dikemukakan Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Totok Prasetyo. Ia mengatakan, pertumbuhan politeknik di Indonesia terbilang pesat. Namun, sebagian besar tidak spesifik sehingga tak memiliki keunggulan yang dapat ditonjolkan.

Totok mengatakan, kurikulum pendidikan di seluruh politeknik akan diatur ulang mulai 2017. Politeknik diimbau memiliki program  studi spesifik dengan sekma pembelajaran 70 persen praktik dan 30 persen teori. Secara bertahap, 50 persen pengajar di setiap politeknik harus berasal dari kalangan industri. Pembenahan kurikulum tak berarti mematikan program studi tertentu. Politeknik dapat memiliki beberapa bidang studi, termasuk studi non-teknik, sepanjang mempunyai keunggulan khusus, misalnya, bidang pertanian, perkapalan, dan manufaktur.

Dekan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Wikan Sakarinto mengatakan, tenaga vokasi harus bisa langsung berpartisipasi dalam dunia kerja. Saat ini, yang dicari nyata oleh industri dan dunia kerja adalah tenaga kerja dengan keterampilan dan kompetensi. Ia menegaskan, pendidikan vokasi harus bisa menciptakan lulusan yang siap pakai di dunia kerja. Selain sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mengurangi pengangguran dengan menciptakan tenaga terampil siap pakai, pendidikan vokasi juga memberikan keterampilan untuk bekal hidup.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Internasional Politeknik Negeri Semarang Lusia M Silitonga menambahkan, reformasi internal politeknik terkendala sulitnya menjalin kerja sama dengan politeknik asing. Politeknik negeri perlu memperbaiki sistem kurikulum, mulai dari pilihan mata kuliah hingga penilaian kompetensi yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s