Politeknik Minim Dosen

Media Indonesia, halaman 12

Fokus pemerintah dalam mengembangkan pendidikan vokasi, khususnya politeknik, dinilai perlu diimbangi oleh peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pasalnya, dibandingkan jumlah bidang vokasi yang relatif banyak, kuantitas instruktur dosen masih sangat minim. Pengamat pendidikan Universitas Paramadina Totok Amin Soefijanto mengatakan bahwa instruktur dosen yang memiliki keahlian pada bidang tertentu dibutuhkan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih berkualitas sehingga mampu menghidupkan kembali politeknik.

Sebagai contoh, ungkap Totok, politeknik kemaritiman yang notabene merupakan salah satu fokus bidang pemerintah saat ini belum banyak memiliki instruktur dosen. Bahkan, dari 117 sekolah menengah kejuruan (SMK) kemaritiman di Indonesia, hanya dua bersertifikat internasional.

Sebelumnya, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyatakan telah menyiapkan Rp 200 miliar untuk peningkatan kualitas SDM dan infrastruktur politeknik. Dana ini akan dibagi sesuai kebutuhan setiap politeknik. Menurut Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Ali Ghufron Mukti, pemerintah akan terus mendorong agar di masa depan dosen politeknik bisa menjadi seorang profesor sehingga diharapkan tidak hanya berpengaruh pada suasana pembelajaran, tetapi juga meningkatkan akreditasi politeknik.

Kendati demikian, Ghufron menekankan, jangan sampai dosen kemudian hanya terpaku mengejar gelar profesor. Yang terpenting, dosen meningkatkan kompetensi serta hubungan kerja sama dengan pihak luar terutama industri agar bisa menyerap lebih banyak ilmu terapan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s