Uni Eropa Berupaya Menarik Pelajar Indonesia Untuk Melanjutkan Studi ke Eropa

The Jakarta Post, halaman 12

Jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Eropa terus meningkat dengan Uni Eropa berharap untuk menarik lebih banyak pelajar untuk melanjutkan pendidikan mereka di benua tersebut.

Duta besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Vincent Guerend mengatakan, saat ini lebih dari 9.600 mahasiswa Indonesia yang belajar di Eropa, termasuk belajar mengenai program studi energi terbarukan, transportasi, kesehatan dan kedokteran, informasi, komunikasi, dan teknologi. Pada tahun 2001 tercatat sekitar 6.100 pelajar Indonesia belajar di Eropa. Saat ini angkanya lebih tinggi lagi mencapai 9.600. Menurut Guerend, hal tersebut sangat menggembirakan, namun, Guerend percaya bahwa pelajar Indonesia memiliki potensi yang jauh lebih besar dari itu. Eropa merupakan salah satu tujuan favorit bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi mereka ke luar negeri.

Guerend mengatakan Uni Eropa memberikan 1.600 beasiswa setiap tahunnya bagi pelajar Indonesia untuk dapat belajar di Eropa melalui Uni Eropa Eramus Plus dan program beasiswa dari negara anggota Uni Eropa.

Ia mengatakan bahwa Belanda, Jerman, Inggris dan Perancis adalah negara tujuan paling favorit bagi mahasiswa Indonesia. Menurut data Uni Eropa, jumlah mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Jerman adalah 3.210 siswa, Inggris 2.950, Perancis 1.200, dan Belanda 1.113 siswa. Guerend menambahkan, Uni Eropa dan negara-negara angota percaya bahwa pendidikan adalah investasi terbaik dalam melawan ketidaksetaraan, dan kemiskinan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s