Vokasi Bukan Hanya Politeknik

Kompas, halaman 11

Vokasi di perguruan tinggi ternyata bukan hanya di politeknik. Selama ini, vokasi juga berkembang di perguruan tinggi akademik, termasuk universitas, institut, sekolah tinggi, dan akademi. Pemerintah hendaknya juga memandang mereka sebagai pemangku kepentingan. Revitaslisasi pendidikan tinggi vokasi jangan hanya fokus pada politeknik, tetapi juga menyasar program vokasi yang ada di universitas, institut, sekolah tinggi, dan akademi (unista). Harapan itu mengemuka dalam Kongres III Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia, di Depok, Jawa Barat, Senin (7/11). Kongres tersebut diikuti para anggota forum dari 78 perguruan tinggi negeri/swasta, mencakup sekitar 400 program studi.

Ketua Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia Sigit Pranowo menegaskan, kebijakan pemerintah untuk menguatkan pendidikan vokasi di SMK disambut serius oleh perguruan tinggi vokasi. Sayangnya, ada kesan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi hanya menonjolkan politeknik dalam revitalisasi pendidikan vokasi di perguruan tinggi. Ia menegaskan, jika pemerintah hanya menyiapkan politeknik dalam revitalisasi tersebut, sungguh tidak akan memadai. Padahal, sejak lebih dari 30 tahun lalu, di unista sudah berkembang pendidikan vokasi.

Dalam kongres tersebut dihasilkan tekad bersama. Intinya, mendorong mutu pendidikan vokasi di unista dan politeknik dengan menjamin standar kompetensi lulusannya yang tersertifikasi sehingga mendukung kemandirian bangsa. Perguruan tinggi vokasi yang bermutu memberi ruang bagi lulusan SMK untuk meningkatkan daya saing agar tidak berhenti di level tenaga kerja tingkat menengah.

Sigit menambahkan, perguruan tinggi vokasi di unista bakal dikembangkan sebagai lembaga sertifikasi. Selain itu, perlu pula dilakuka seleksi bersama untuk masuk perguruan tinggi vokasi yang berpihak pada lulusan SMK.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s