Pendidikan Vokasi Perlu Revitalisasi

Suara Pembaruan, halaman 16

Pendidikan tinggi vokasi di Indonesia memerlukan revitalisasi. Para akademisi yang tergabung dalam Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) menegaskan komitmen tersebut dalam Tekad Bersama Revitalisasi Pendidikan Tinggi Vokasi di Universitas-Institut-Sekolah Tinggi-Akademi (UNISTA). Ketua Program Vokasi Universitas Indonesia (UI) Sigit Hardowardoyo, menuturkan, tekad bersama ini disepakati dengan sembilan universitas dan satu sekolah tinggi se-Indonesia. Dalam tekad bersama ini ditegaskan beberapa hal yakni meneguhkan keberadaan pendidikan tinggi vokasi di UNISTA.

Hal itu harus dimaknai sebagai upaya pengayaan bentuk pendidikan tinggi vokasi di Indonesia sesuai UU Nomor 12 Tahun 2012, menjadikan FPTVI sebagai mitra pemerintah sebagai alat pemersatu penyelenggara pendidikan tinggi vokasi, menghimpun sinergi semua unsur penyelenggara pendidikan vokasi, menjadikan pendidikan tinggi vokasi berorientasi peningkatan kewirausahaan, dan memperkuat peserta didik untuk siap kerja.

Dikatakan Sigit, selama ini masih muncul anggapan bahwa perusahaan hanya akan melirik tenaga kerja lulusan jenjang sarjana, padahal tidak semua jenis pekerjaan cocok dilakukan lulusan sarjana. Banyak posisi pekerjaan yang justru tepat jika diisi oleh tenaga kerja dari lulusan vokasi.

Sementara itu, Dekan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, Wikan Sakarinto, mengatakan, lulusan vokasi hanya perlu menunggu selama dua bulan sebelum terserap di dunia kerja. Kekhawatiran bahwa perusahaan hanya tertarik dengan lulusan sarjana tidak perlu ditakutkan oleh para mahasiswa vokasi, karena pada kenyataannya lulusan vokasi justru banyak dibutu oleh dunia kerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s