Perguruan Tinggi Ingin “Jemput Bola”” ke SMK

Kompas, halaman 12

Peminat sekolah vokasi maupun politeknik yang berasal dari lulusan SMK masih rendah. Diperlukan strategi baru, seperti “menjemput bola” untuk meningkatkan kehadiran mereka di bangku pendidikan tinggi vokasi. Wakil Direktur Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (PPVUI) Padang Wicaksono mengatakan, setiap tahun, PPVUI menerima 900 mahasiswa baru. Hanya 3 persen di antara mereka yang berasal dari SMK.

Menurut dia, angka yang rendah itu terjadi karena lulusan SMK hanya bisa masuk melalui jalur undangan, yaitu dinilai dari prestasi akademis, praktik, dan ekstrakurikuler. Mereka tidak bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ataupun Seleksi Masuk UI. Penyebabnya, mata pelajaran yang diujikan berbeda dengan yang mereka pelajari selama di SMK. Karena itu, menurut Padang, pada 2017, PPVUI akan melakukan pendekatan kepada SMK-SMK bermutu baik dan menawarkan kepada siswa untuk melanjutkan pendidikan vokasi ke jenjang perguruan tinggi.

Wakil Dekan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Retna Apsari mengatakan, mulai 2016, penerimaan mahasiswa baru vokasi dilakukan bersamaan dengan mahasiswa S1 reguler. Jadi, pendidikan vokasi tak menjadi penampungan akhir bagi mereka yang tidak diterima di program sarjana.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Sumberdaya, Kerja Sama, dan Pengembangan Program Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB) Iwan Riswandi menjelaskan, sejak 2005, IPB menerima mahasiswa lewat seleksi undangan. Undangan ini diberikan kepada 1.800 sekolah, di antaranya 400 SMK. Untuk SMK ada klasifikasi program studi yang relevan dengan mempelajari track record SMK. Ada semacam kuota calon mahasiswa untuk sekolah. Calon mahasiswa dari SMK yang punya kompetensi dan sertifikasi mendapat skor tertentu. Menurut Iwan, seleksi bersama untuk perguruan tinggi vokasi bisa dilakukan dengan meliputi seleksi akademik dan keterampilan. Seleksi keterampilan bisa dikelompokkan berdasarkan bidang keahlian yang dilakukan di perguruan tinggi yang ditunjuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s