Rekrutmen Tenaga Pendidik Tetap Dilakukan

Koran Sindo, halaman 2

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyatakan tidak akan ada moratorium rekrutmen tenaga pendidik. Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk guru tetap dilakukan sesuai kebutuhan.

Hal itu diungkapkan Kelapa Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan-RB Herman Suryatman. Tahun ini, lanjutnya, pemerintah sebenarnya telah melakukan seleksi CPNS untuk tenaga pendidik untuk program guru garis depan (GGD), namun bukan untuk pelamar jalur umur.

Herman mengatakan, ia belum bisa memastikan kapan akan dibuka rekrutmen tenaga pedidik untuk jalur umum. Pihaknya saat ini tengah melakukan kajian dari analisis jabatan dan beban kerja terkait tenaga pendidik.

Wakil Ketua Komisis II Ahmad Riza Patria menilai kelangkaan guru tidak akan terjadi karena selama ini masih banyak tenaga honorer pendidik yang membantu. Terlebih, sebanyak 500 ribu tenaga pendidik yang pensiun itu diproyeksikan pada 2019. Sehingga, Kemenpan-RB masih memiliki waktu untuk mempersiapkannya. Ia berharap Kemenpan-RB dan Kemendikbud dapat bekerja sama dengan baik untuk membuat strategi dan kebijakan yang tepat untuk rekrutmen tenaga pendidik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s