Kemendikbud Matangkan Full-day School, hapus PR

The Jakarta Post, halaman 3

Meskipun mendapatkan kritikan dan diminta untuk dilakukan peninjauan kembali, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) memutuskan untuk tetap melanjutkan rencana full-day school dimana para siswa akan lebih lama beada di sekolah selama lima hari dalam seminggu.

Juru bicara Kemendikbud Asianto Sinambela, Rabu (9/11) mengatakan, Kemendikbud memutuskan untuk meliburkan sekolah pada hari Sabtu bagi siswa SD dan SMP, mereka tetap belajar dari hari Senin hingga Jumat, namun dengan memperpanjang jam belajar mereka hingga pukul 4 sore setiap harinya,.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebelumnya telah merencanakan full-day school dengan memperpanjang jam belajar siswa sekolah dimana para siswa akan mendapatkan pelajaran tambahan untuk membantu membangun karakter mereka.

Para siswa tidak akan dipaksa untuk duduk berjam-jam di dalam kelas, namun mereka akan diberikan metode belajar yang interaktif oleh guru mereka. Muhadjir menjelaskan, nantinya akan ada kombinasi antara kegiatan dan simulasi misalnya pada siswa SD akan memiliki waktu bermain di ladang untuk memicu kreativitas mereka dengan diawasi oleh guru dan kepala sekolah.

Selain memotong hari belajar di sekolah, Kemendikbud juga akan menghapuskan pekerjaan rumah (PR) karena siswa telah menghabiskan waktu mereka dari pagi hingga sore di sekolah. Muhadjir mengatakan, nantinya hampir tidak akan ada PR untuk siswa, sehingga mereka dapat memliki waktu lebih banyak dengan orang tua mereka.

Dalam rangka menjalakan program full-day school tersebut, Kemendikbud telah memilih 1.500 SD dan SMP di seluruh Indonesia untuk dijadikan percontohan. Ada sebanyak 543 kepala sekolah dari berbagai sekolah di seluruh Tanah Air yang akan dilatih untuk menjalankan program ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s