Riset Inovasi Belum Jadian Bagian Penting Industri di Indonesia

Suara Pembaruan, halaman 16

Inovasi disebut menjadi salah satu penentu keberlangsungan suatu industri. Sayangnya, industri di Indonesia banyak yang belum melakukan riset dan pengembangan. Padahal, menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pelaku industri membutuhkan iptek, inovasi dalam persaingan bisnis agar tetap bertahan dan berkelanjutan.

Hal tersebut dikatakan Plt Wakil Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Bambang Subiyanto, di sela-sela Forum Iptekin VI di Jakarta, Selasa (8/11).

Ia mengatakan, bonus demografi dan kekayaan sumber daya alam Indonesia menjadi magnet pelaku industri dalam dan luar negeri untuk memasarkan produknya dengan sentuhan teknologi modern. Ditambahkannya dengana danya MEA akan mempermudah jual beli barang dan jasa. Hal ini membuat Indonesia harus berbenah dalam bisni dengan sentuhan teknologi sehingga dapat meningkatkan perekonomian nasional.

Oleh karena itu, LIPI mendorong pebisnis dapat berinovasi. Untuk itu, diperlukan kebijakan budaya iptek. Bambang juga berharap melalui Forum Iptek, bisa lahir ide kreatif akademis, bisnis dan komunitas atau pemerhati iptek. Hasil riset juga diharapkan menjadi rekomendasi bagi pengembangan iptek dan inovasi.

Terkait hal itu, Direktur Jenderaal Penguatan Inovasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Jumaun Appe, mengungkapkan, perlunya sinergi antara akademis, bisnis, dan pemerintah. Ia melanjutkan, kunci inovasi adalah kreativitas yang mendorong iptek agar bisa dimanfaatkan masyarakat.

Ia menambahkan, keterbukaan dan transparasi juga penting dalam membangun iklim yang kondusif untuk melahirkan inovasi. Di sisi lain, Kemenristekdikti melihat ada sejumlah regulasi yang menghambat pengembangan iptek dan inovasi nasional. Oleh karenanya, pemerintah berupaya mencari terobosan kemudahan aturan dan insentif untuk mendorong inovasi baru yang dapat dimanfaatkan bagi industri nasional di masa depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s