Mendikbud: Semangat Kepahlawanan untuk Melawan Kebodohan

www.antaranews.com

Dalam rangka Hari Pahlawan, 10 Nopember kemarin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan semangat kepahlawanan harus dikobarkan untuk melawan kebodohan, kemiskinan, ketidakadilan, dan keterbelakangan. Generasi muda harus lebih gigih lagi belajar, gotong royong dan bekerja keras untuk meraih kejayaan hari ini dan masa yang akan datang.

Kemdikbud, kata Muhadjir, menghadapi tantangan besar terkait dengan mentalitas generasi muda. Di satu sisi prestasi-prestasi unggul telah diraih oleh para pelajar di berbagai bidang dan berbagai tingkat.
Prestasi itu begitu membanggakan dan patut mendapatkan apresiasi tinggi. Namun di sisi lain masih banyak anak-anak bangsa yang tercecer di luar sekolah, di jalan-jalan, tidak terakses pendidikan dengan baik.

Selain itu, tidak sedikit pula anak-anak yang sekolah memiliki mental lemah, gampang menyerah, budaya instan, dan moral yang justru berbalik dengan tujuan pendidikan.

Ia menyampaikan, hal itu menjadi keprihatinan bersama. Semangat kepahlawanan adalah mengambil semangat api perjuangan untuk meraih harapan, bukan semangat abu dengan meratapi nasib. Untuk itu, pihaknya telah merancang dengan sungguh-sungguh pola pendidikan yang diharapkan dapat menjawab tantangan masa depan dan peluang bonus demografi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s