Penelitian Dosen Terbentur Pendanaan

Koran Sindo, halaman 2

Minimnya anggaran untuk riset dan penelitian menjadi alasan utama masih sedikitnya produk penelitian yang dihasilkan para dosen. Tahun ini saja produk penelitian yang dihasilkan dosen hanya tembus 0,2%. Hal itu diungkapkan Sekretaris Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Desmelita di Kampus Universitas Negeri Medan (Unimed) kemarin.

Desmelita mengatakan, jumlah dosen baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta saat ini ada 180.000 orang dan pada tahun ini proposal yang masuk untuk mengajukan dana penelitian ada 25.000. Namun, anggaran yang ada tidak bisa untuk mendanai semuanya. Hal itu menyebabkan masih minimnya hasil penelitian dosen, karena untuk membuat sebuah penelitian memang dibutuhkan dana yang besar.

Sebenarnya, lanjut Desmelita, minat dosen untuk melakukan penelitian sangat besar. Namun karena keterbatasan anggaran, dosen jadi urung melakukan penelitian. Sebab penelitian merupakan salah satu indikator untuk meningkatkan kualitas perkuliahan dan akreditasi kampusnya.

Senada dengan itu, praktisi pendidikan dari Lembaga Riset Publik (Larispa) Indonesia M Rizal Hasibuan menambahkan bahwa anggaran menjadi penyebab utama minimnya dosen melakukan penelitian. Selain itu, budaya meneliti dosen juga masih rendah. Hal itu disebabkan kesejahteraan untuk dosen juga masih rendah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s