Tingkatkan Minat Pelajar pada Matematika dan Sains

Kompas, halaman 12

Olimpiade Matematika dan Sains Internasional kembali diselenggarakan di Indonesia. Lomba-lomba tingkat global seperti ini dinilai mampu meningkatkan minat pelajar terhadap pelajaran Matematika serta Sains. Ketua Penyelenggara Olimpiade Matematika dan Sains International (IMSO) 2016, Ridwan Hasan mengatakan, ajang tersebut merupakan ajang kompetisi matematika dan sains terbesar di dunia. Ajang ini pertama kali digagas di Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan ketertarikan pelajar SD kepada pelajaran Matematika dan Sains. Dua pelajaran itu selama ini dianggap sebagai momok karena dianggap sulit.

Menurut Ridwan, kendala terbesar ialah cara pengajaran Matematika dan Sains di sekolah. Semenjak SD, sistem yang diterapkan biasanya menghafal teori atau rumus. Akibatnya, siswa tidak memahami kedekatan Matematikan dan Sains dengan kehidupan sehari-hari.

Pendapat serupa diungkapkan tutor kontingen Filipina, Renard Eric Chau, yang ketika duduk di bangku SD mengikuti IMSO. Menurut dia, hal pertama yang harus diubah adalah pendekatan kedua subyek tersebut di sekolah menjadi lebih menyenangkan dan membumi. Ia mengatakan, Matematika dan Sains lekat dengan kehidupan keseharian manusia, apa pun jenis pekerjaan yang mereka lakukan. Apabila siswa menyadari hal tersebut, Matematika dan Sains akan terasa jauh lebih bersahabat.

Langkah kedua, menurut Renard ialah membuah langkah-langkah praktis dalam pembelajaran. Ia mengamati, kurikulum Matematika dan Sains di Asia selama ini terlalu bertumpu pada buku teks. Padahal, materi dua pelajaran itu sangat tersebar di alam sekitar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s