Penerapan FDS Hambat Potensi Siswa

Suara Pembaruan, halaman 16

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, mulai tahun ajaran baru 2016/2017, pihaknya resmi menerapkan penambahan jam sekolah untuk penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPPK). Dalam hal ini siswa akan berada di sekolah dari pukul 07.00-16.30 WIB. Selanjutnya agar anak tidak dirugikan dan tetap mendapatkan waktu bersama keluarga, pihaknya juga sedang mewacanakan menambah hari libur. Dalam hal ini Sabtu akan menjadi hari libur nasional, sehingga siswa memiliki waktu dua hari bersama keluarga.

Selain itu, Muhadjir juga mengatakan, Kemendikbud akan mengapus sistem Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sering menjadi pekerjaan rumah (PR) siswa. Pasalnya dengan memberikan PR waktu anak dirumah juga akan tersita. Dihapusnya LKS pun dinilai tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa. Sebab kemampuan siswa tidak dapat diukur dengan pengerjaan LKS.

Menyikapi keputusan final Mendikbud, Staf Ahli Komnas Pendidikan Andreas Tambah mengatakan, penambahan jam belajar identik dengan konsep Full Day School (FDS). Ia menilai jika FDS tetap dilaksanakan akan menambah masalah baru. Sebab masih banyak sekolah yang belum mampu mengembangkan potensi anak secara optimal. Maka sekolah menjadi pihak yang menghambat tumbuh kembangnya potensi anak. Ia mengatakan bahwa banyak anak yang menemukan dan mengembangkan bakat dan potensinya justru melalui kegiatan di luar jam sekolah. Jadi apabila tetap dilaksanakan, maka sekolah harus benar-benar mampu mengembangkan bakat atau potensi anak.

Ia menegaskan, pemerintah harus memperhatikan sarana dan prasarana berbagai kegiatan atau pelatihan yang mampu menggali dan mengembangkan bakat dan potensi anak didik. Dengan demikian, ketika anak pulang sekolah tidak dibebankan lagi dengan les atau kursus keterampilan tertentu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s