Sejarah Dapat Perkuat Karakter

Kompas, halaman 12

Penguatan pendidikan karakter bangsa, antara lain, dapat ditempuh melalui pendidikan sejarah bangsa yang mengandung nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme. Karena itu, pembelajaran sejarah menuntut perubahan dari tekstual ke kontekstual selaras kemajuan teknologi. Direktur Sejarah pada Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Triana Wulandari menyebutkan beberapa konsep kegiatan di dalam pelajaran sejarah. Pertama, sosiodrama suatu peristiwa yang mengajak murid memerankan salah satu tokoh yang terlibat.

Kedua, kegiatan membuat film-film pendek tentang sejarah lokal di daerah masing-masing. Ketiga, pembuatan komik sejarah untuk pengenalan peristiwa dan tokoh-tokohnya. Keempat, pembuatan digitalisasi untuk pengenalan tokoh dalam bentuk aplikasi teknologi informasi terkini yang memudahkan siswa memahami sejarah dan mengadakan pameran-pameran kesejarahan yang interaktif di tempat publik.

Menurut Sekretaris Tim Perumus Konferensi Nasional Sejarah X Restu Gunawan, penguatan pendidikan karakter bangsa melalui perubahan dalam proses pembelajaran sejarah memang direkomendasikan. Rekomendasi lainnya adalah perlunya pembangunan budaya bahari sebagai landasan dari sebuah negara maritim yang menyatukan laut sebagai pemersatu bangsa. Rekomendasi berikutnya, perlu pemupukan tradisi historiografi yang melihat laut sebagai dinamika pembangunan.

Pengajar SMK Kesenian Pangkungwati Cirebon, Mustaqim Asteja, menilai, metode pembelajaran sejarah dengan baca tulis tidak relevan lagi di tengah perkembangan teknologi informasi. Dirinya kerap mengajak siswa ke keraton Cirebon, bahkan memutarkan film tentang sejarah Cirebon yang merupakan hasil karyanya. Dengan demikian, siswa dapat lebih dekat dengan sejarah masa lampau Cirebon berabad-abad silam. Dia berharap, pemerintah setempat menopang terobosan pembelajaran dan antusiasme siswa itu dengan menyediakan fasilitas pendukung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s