Mahasiswa Indonesia Raih Penghargaan Teknologi Level Internasional

www.antaranews.com

Mahasiswa Indonesia dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Ramadhan Chairan Maulana, meraih penghargaan dalam The 6th International Symposium on Technology for Sustainability 2016. Ramadhan mengatakan dirinya mengajukan paper tentang alat yang membantu pendaki dalam mengakses informasi cuaca di sekitar gunung.

Alat yang dinamai dengan Arduino based Safety Information Guidance for Climber menampilkan informasi cuaca disekitar gunung, termasuk suhu, kelembaban, dan tekanan udara. Alat ini juga bisa menampilkan informasi level keamanan dan dampak kesehatan untuk pendaki.

Ramadhan menambahkan bahwa alat ini, atau yang disebut juga “Duo Serigala” ini dilengkapi degan sistem navigasi yang menunjukkan ke titik awal pendakian ataupun titik puncak. Selain itu terdapat tomboh S.O.S yang berfungsi untuk memanggil bantuan darurat. Fitur ini bekerja dengan menggunakan frekuensi radio sebagai alat komunikasinya. Dirinya berharap dengan alat ini nantinya akan membantu para pendaki dalam menyelesaikan pendakian mereka dan dapat meminimalkan terjadinya insiden saat pendakian.

The International Symposium tahun ini diikuti sekitar 200 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi seperti Jepang, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Indonesia. Acara ini merupakan kerja sama antara Univeristas Gadjah Mada dan National Institute of Technology (NIT) Jepang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s