Menristekdikti: Budaya Riset di Indonesia Masih Tertinggal

Suara Pembaruan, halaman 16

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir berharap Perguruan Tinggi (PT) Indonesia jangan hanya mencetak sarjana. Diharapkan PT pun bisa menumbuhkan budaya riset. Pasalnya, jumlah hasil riset Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain masih jauh tertinggal. Tercatat, Indonesia berada di peringkat 43 dunia. Hal ini sangat jauh tertinggal jika dibandingkan dengan Korea Selatan yang berada di peringkat empat dunia, Malaysia ke-29, Singapura ke-30, dan Thailand ke-34.

Nasir menyebutkan, minimnya jumlah riset terjadi karena minat masyarakat untuk jadi peneliti sangat rendah. Terbukti dari rasio jumlah peneliti yang ada yakni 1.070/1 juta penduduk. Perbedaan tersebut terlihat jelas jika dibandingkan dengan negara seperti Korea Selatan (Korsel) atau Singapura. Semisalnya Korsel, rasio peneliti sangat tinggi yakni 8.000/1 juta penduduk.

Selanjutnya, Nasir menuturkan, meningkatkan budaya riset pada anak bangsa bukan hal yang mudah. Pasalnya Indonesia berada di urutan 47 dari 140 negara. Hal ini turut mempengaruhi tingkat kesiapan teknologi atau technology readiness level (TRL).

Untuk itu, dirinya akan terus mendorong mahasiswa S2 dan S3 untuk wajib menghasilkan serta mempublikasikan jurnal internasional, agar kompetitif Indonesia meningkat. Pasalnya, saat ini tingkat kesiapan teknologi (TRL) yang indikator 1-9 di Indonesia baru berada di tingkat 6 dan 7, yakni baru masuk tahap demonstrasi prototipe sistem dalam lingkungan. Sebab angka ideal kesiapan berada di angka sembilan yang menunjukan tingkat sistem benar-benar siap dan teruji melalui keberhasilan pengoperasian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s