Partisipasi Orangtua Dorong Sekolah Efektif

Kompas, halaman 12

Partisipasi orangtua siswa mampu membuat sekolah efektif untuk menghasilka kinerja dan layanan pendidikan berkualitas. Sayangnya, kekuatan orangtua untuk berpartisipasi di sekolah belum disadari dan tidak disiapkan secara serius oleh pemerintah dan sekolah. Dalam diskusi bertajuk “Membuat Sekolah Efektif” yang digelar Bank Dunia di Jakarta beberapa waktu lalu, Harry A Patrinos, Global Practice Manager for Education East Asia Pacific The World Bank mengatakan, mendorong orangtua dan pemangku kepentingan lainnya untuk jadi mitra sekolah adalah salah satu cara efektif dalam meningkatkan kinerja sekolah.

Karena itu, pembentukkan asosiasi orangtua siswa sangat strategis. Namun,  yang lebih penting yakni melatih orangtua agar memiliki kemampuan atau kompetensi berpartisipasi di sekolah anak masing-masing.

Febri Hendri, Koordinator Masyarakat Sipil untuk Transformasi Pendidikan yang juga peneliti di Indonesia Corruption Watch (ICW), mengatakan, jika kajian membuktikan partisipasi orangtua juga jadi salah satu faktor penting membuat pendidikan maju, seharusnya pemberdayaan orangtua di sekolah-sekolah mulai dilakukan secara serius.

Sementara itu, Melly Kiong Praktisi Pendidikan Keluarga dan Pendiri Komunitas Menata Keluarga, mengatakan, orangtua perlu didorong untuk selalu ikut dalam acara yang diselenggarakan sekolah anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s