Perkuat Riset dari TKDN

Media Indonesia, halaman 10

Penguatan dan pengondisian iklim penelitian yang lebih ideal secara nasional dapat dilakukan salah satunya dengan mengaitkannya dengan regulasi pengadaan barang dan jasa pemerintah. Untuk itu, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) mengusulkan agar Peraturan Presiden No 4/2015 tentang Perubahan Keempat atas Perpres No 54/2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa pemerintah direvisi. Salah satunya dengan memasukan komponen penelitian.

Dirjen Penguatan Inovasi Kemenistek Dikti Jumain Appe menilai bahwa hal itu sangat penting, mengingat produk barang/jasa hasi penelitian selama ini sulit dikomersialisasi karena tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN) yang rendah. Padahal, jika Indonesia ingin mencapai kemandirian bangsa, mestinya lebih banyak mengandalkan kemampuan dalam negeri.

Terlebih, lanjut Jumain, potensi sumber daya di Tanah Air begitu melimpah dan bisa dimanfaatkan untuk penelitian. Sehingga, diharapkan dengan penelitian itu nantinya akan mampu menaikkan TKDN barang/jasa sebesar 20-35% dan inovasi yang dihasilkan akan terus berkembang dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Jumain menambahkan, pihaknya pun akan menggandeng perusahaan serta kementerian/lembaga untuk memanfaatkan produk hasil inovasi anak bangsa. Pihaknya pun berupaya untuk terus mendorong agar muncul peneliti-peneliti muda berbakat dengan hasil penelitian yang layak dikomersialkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s