Disiapkan Organisasi Profesi

Kompas, halaman 11

Indonesia belum memiliki organisasi profesi guru yang diakui pemerintah. Beragam organisasi guru yang ada, termasuk Persatuan Guru Republik Indonesia, dinilai belum memenuhi kriteria sebagai organisasi profesi guru. Pemerintah mendorong lahirnya organisasi profesi guru sesuai bidang ilmu. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sumarna Surapranata mengatakan, organisasi guru yang ada sekarang adalah perkumpulan atau persatuan guru. Eksistensi mereka tidak dipersoalkan. Namun, untuk bisa menjadi organisasi profesi guru, organisasi itu harus betul-betul bersifat dari, untuk, dan oleh guru. Organisasi ini harus bersifat independen, bebas dari kepentingan di luar pengembangan keprofesian guru.

Menurut dia, Kemdikbud, selaku regulator sedang merancang aturan dalam bentuk pedoman, panduan, atau petunjuk teknis pendirian organisasi profesi guru. Nanti, diharapkan terbentuk organisasi profesi guru kimia, matematika, SD, dan lain-lain. Sumarna menjelaskan, organisasi profesi guru terdiri atas orang-orang dengan profesi yang sama. Organisasi profesi guru bidang tertentu ini berhak untuk memberi pengakuan terhadap kompetensi seseorang untuk mengajar di bidang itu.

Payung hukum pembentukan organisasi guru ditargetkan selesai akhir tahun ini. Keberadaan organisasi profesi guru yang sesuai ketentuan tersebut dibutuhkan dalam pelaksanaan pendidikan profesi guru di perguruan tinggi yang ditunjuk Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Hal itu juga jadi amanat UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Sementara itu, Plt Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi mengatakan, organisasi profesi sebenarnya lahir dari masyarakat profesi itu. Menurut dia, aneh kalau pemerintah mengatur terlalu dalam. Kesannya pemerintah mempersulit karena tak suka dengan organisasi guru tertentu. Hal ini memperlihatkan tak ada niat baik pemerintah untuk mengakui organisasi profesi guru dari organisasi yang ada. Menurut dia, PGRI telah menjalankan aktivitas profesi guru lewat kepengurusan hingga tingkat kecamatan. Ada pula asosiasi profesi keahlian yang dipimpin oleh guru, seperti asosiasi guru TK, SD, dan guru bidang studi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s