Masih Banyak Sarjana yang Menganggur

Jawa Pos, halaman 26

Perguruan tinggi se-Indonesia rutin melahirkan jutaan lulusan setiap tahun. Banyak diantara mereka justru tidak terserap pasar tenaga kerja. Bahkan, yang paling miris, sebagian di antara mereka menganggur. Tercatat 600 ribu lulusan perguruan tinggi adalah penganggur terbuka dari total angkatan kerja. Wirausaha pun menjadi salah satu sektor yang dianggap memberikan solusi untuk permasalahan itu.

Kepala Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) III Kemenristekdikti Illah Sailah menyatakan, perguruan tinggi perlu melakukan upaya yang besar agar para lulusannya dapat terserap dengan cepat di dunia kerja. Sebab, berkaca pada data yang dihasilkan Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 125,44 juta orang angkatan kerja yang terdiri atas 118,41 juta penduduk bekerja dan 7,03 juta penganggur.

Illah mengatakan amat disayangkan dari jumlah 7,03 juta tersebut masuk diantaranya merupakan lulusan perguruan tinggi. Hal itu menunjukan bahwa penyerapan tenaga kerja dari lulusan perguruan tinggi cenderung lambat sehingga menyuburkan penganggur berlabel sarjana. Menurut Illah, salah satu penyebab penganggur bergelar sarjana adalah rendahnya kompetensi dan minimnya soft skill yang dimiliki calon tenaga kerja. Selain, kompetensi yang rendah, pemikiran para lulusan adalah mencari pekerjaan ketimbang menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Padahal, dalam menghadapi persaingan dunia kerja yang ketat, lulusan perguruan tinggi memang tidak harus melamar menjadi tenaga kerja. Wirausaha dapat menjadu salah satu opsi yang menguntungkan banyak pihak. Kerena itu, Illah menghimbau perguruan tinggi semakin meningkatkan program yang menanamkan nilai-nilai entrepreneurship kepada para mahasiswa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s