Menkeu: Pendidikan Merupakan Investasi Terbaik

www.jakartaglobe.beritasatu.com

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan kuliah umum kepada 250 mahasiswa penerima beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan atau LPDP  di KBRI Den Haag, Belanda, menyikapi pentingnya pendidikan dan pandangan mengenai pengaruh kemenangan Donald Trump yang mengejutkan dalam pemilihan presiden Amerika Serikat baru-baru ini pada ekonomi global.

Dirinya mengatakan, AS merupakan negara dengan perekeonomian terbesar di dunia, hasil pemilihan tersebut pasti memiliki pengaruh terhadap kondisi ekonomi dunia, termasuk di Indonesia.

Mengenai bagaimana pemilihan Trump akan berdampak pada seluruh dunia, mantan Direktur Bank Dunia ini mengatakan bahwa Indonesia harus siap dalam mengantisipasi “efek Trump” dalam beberapa tahun ke depan. AS memiliki banyak pengaruh atas kondisi geopolitik dan ekonomi global. Sebuah negara yang baik harus mampu mengantisipasi krisis ekonomi yang mungkin terjadi berkat kebijakan AS.

Ia mengungkapkan, satu hal yang Indonesia dapat lakukan, yakni dengan menjaga dan memperkuat permintaan domestik. Untuk mengatasi perlambatan ekonomi global baru-baru ini, Sri Mulyani mengatakan pemerintah telah berfokus pada penguatan tiga sektor utama yaitu investasi sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, dan reformasi birokrasi.

Sri Mulyani yang memprakarsai beasiswa Lembaga LPDP pada periode pertama masa tugasnya sebagai menteri keuangan pada tahun 2005-2010, di bawah mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hingga saat ini, LPDP masih dikelola oleh Kementerian Keuangan. Penerima LPDP mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah untuk memperoleh gelar pasca sarjana mereka dari universitas lokal dan universitas luar negeri.

Sri Mulyani juga menggarisbawahi bahwa pendidikan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam rangka mengembangkan sebuah negara. Ini juga merupakan salah satu persyaratan yang paling penting bagi ekonomi yang sehat. Seberapa baiknya sebuah negara dapat dinilai dan dilihat pada kualitas pendidikannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s