Pendidikan Terbuka Penting Tingkatkan SDM

Suara Pembaruan, halaman 17

Rektor Universitas Terbuka (UT), Tian Belawati, menyampaikan, pendidikan terbuka menjadi bagian penting dari sebagian instrumen peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Menurut Tian, melalui bantuan teknologu yang berkembang dengan sangat cepat, pendidikan terbuka sebagai pendidikan inklusif dapat memberikan akses kepada pendidikan khususnya pendidikan tinggi berkualitas kepada siapapun untuk dapat meningkatkan kualifikasinya. Hal itu disampaikan Tian saat membuka seminar “Pendidikan Terbuka sebagai Katalis Peningkatan Kapasitas SDM”, di kampus UT, Senin (14/11).

Dijelaskan Tian, keberadaan UT yang telah mempromosikan pendidikan terbuka salama 32 tahun menjadi salah satu milestone pendidiakn tinggi yang ada di Indonesia. UT berkontribusi dalam meningkatkan akses ke perguruan tinggi yang berkualitas.

Hadirnya UT dapat mengurangi kesenjangan antara kompetensi maupun kualifikasi pada tenaga kerja Indonesia yang sebagian besar masih rendah agar dapat bersaing dengan tenaga kerja di ASEAN. Pasalnya UT menghadirkan pendidikan jarak jauh (PJJ) yang dapat diakses semua anak bangsa di mana pun mereka berada.

Tian pun berpesan agar para lulusan UT sebagai kaum intelektual tidak boleh hanya berdiam diri, namun harus dapat memberi kontribusi kepada bangsa. Dalam hal ini ketika kembali ke daerah, mereka hrus mengambil peran aktif sebagai agen perubahan atau katalis peningkatkan SDM di daerah,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s