Penyaluran KIP Tuntas

Republika, halaman 5

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengklaim penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) tingkat SMA/SMK selesai pada 14 November 2016. Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad di kantor Kemdikbud, Jakarta, Senin (14/11).

Sementara untuk SD dan SMP, lanjutnya, proses penyaluran masih berlangsung hingga dua pekan mendatang. Ia menjelaskan, berdasarkan data Kemdikbud, sekira 11,7 juta dari 17,9 juta total KIP, sudah tersalurkan. Sehingga, masih ada sekitar enam juta lagi yang akan diproses dalam satu sampai dua minggu ini.

Hamid mengatakan, selambat-lambatnya sampai akhir bulan, pihaknya berharap pada pertengahan bulan ini semuanya selesai. Saat ini, sudah banyak data anak yang terdaftar di data pokok pendidikan (Dapodik). Namun, belum semua anak bisa mencairkan. Alasannya, proses pencairan manfaat KIP butuh proses panjang.

Hamid mengatakan, kendati Kemendikbud pernah menargetkan penyaluran selesai pada 31 Oktober 2016. Namun, tidak ada batasan untuk memproses data siswa ke Dapodik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s