Sertifikasi Dosen Dukung Industri Pariwisata

Media Indonesia, halaman 11

Pengembangan industri pasriwisata di Indonesia saat ini terus digencarkan. Kualitas sumber daya manusia (SDM) diyakini sebagai salah satu kunci pengembangan bidang tersebut. Demi memenuhi SDM di bidang pariswisata yang kompeten, sertifikasi kompetensi dosen di sekolah tinggi ataupun tenaga pengajar pariwisata di SMK menjadi suatu keharusan untuk dilakukan.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Kemenristek Dikti Patdono Suwignjo dalam konferensi internasional yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti, di JCC, Jakarta, kemarin (15/11). Patdono mengatakan, pariwisata termasuk bidang yang tengah dikembangkan pemerintah guna membangun ekonomi nasional.

Oleh sebab itu, lanjutnya, perlu dilakukan penambahan jumlah sekolah tinggi pariwisata (STP) di Indonesia, terutama di daerah-daerah yang menjadi destinasi wisata prioritas. Saat ini terdapat 4.300 perguruan tinggi di Indonesia. Namun jumlah pendidikan vokasi hanya sekitar 5%, yakni 262 lembaga. Sementara, hanya ada enam STP di seluruh Indonesia yang dikelola Kementerian Pariwisata.

Patdono menargetkan bahwa semua tenaga pengajar dan lulusan politeknik nantinya pada akhir 2019 sudah memiliki sertifikasi profesi, termasuk di bidang pariwisata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s