Jangan Hanya Satu Organisasi

Kompas, halaman 11

Upaya penataan organisasi guru menjadi organisasi profesi yang diakui pemerintah disambut baik. Namun, pemerintah diminta tidak menyempitkan menjadi organisasi profesi guru sesuai bidang ilmu di tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK, atau diarahkan hanya berupa satu organisasi. Ketua Dewan pertimbangan Serikat Guru Indonesia Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat Fahmi Hatib mengatakan, organisasi guru yang memenuhi syarat seharusnya diakui sebagai organisasi profesi guru. Pemerintah lebih baik membenahi organisasi guru yang sudah ada, bukan mendorong lahirnya organisasi profesi guru per mata pelajaran.

Ia mengatakan, dalam UU Guru dan Dosen, yang diamanatkan ialah organisasi profesi guru, karena guru itu adalah sebuah profesi. Jadi, bukan organisasi profesi guru per mata pelajaran. Pemerintah pun jangan hanya mengakui satu organisasi profesi guru. Menurut Fahmi seharusnya organisasi profesi guru dibiarkan saja berkembang lebih dari satu.

Ketua Federasi Asosiasi Guru Indonesia (FAGI) Bandung, Jawa Barat, Iwan Hermawan mengatakan, organisasi guru tumbuh di daerah-daerah untuk memperjuangkan aspirasi di daerah itu. Meski demikian, sejumlah organisasi guru di daerah tetap bergabung guna membentuk federasi di tingkat pusat. Kemunculan organisasi guru di daerah juga sebagai upaya untuk mengembalikan peran guru sebagai pemimpin organisasi guru. Ia mengatakan, ada organisasi guru yang kepengurusan di tingkat pusat hingga daerah diisi oleh birokrat pendidikan. Akibatnya, aspirasi guru yang mengkritisi kebijakan pemerintah tidak tersalurkan.

Sementara itu, Ketua Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Kabupaten Cierbon, Jaja Jawahir mengaharapkan rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendorong lahirnya organisasi profei guru tidak justru memperlemah persatuan para pengajar yang tercakup dalam organisasi guru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s