Mendikbud Dorong Revitalisasi SMK

Republika, halaman 5

Dalam kunjungan kerjanya ke SMK N 9 Makassar, Rabu (16/11), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengimbau agar SMK dapat mempersiapkan tenaga terampil di bidang kemaritiman. Sebab, Indonesia memiliki potensi sangat besar di bidang tersebut tetapi tenaga terampilnya masih minim.

Pemerintah saat ini, lanjutnya, tengah mendukung revitalisasi terhadap sekolah menengah kejuruan (SMK). Untuk itu, pihaknya telah melakukan penambahan jumlah guru dengan kompetensi ganda, yakni guru adaptif dan guru produktif.

Ke depan, ia berharap para ahli dan tenaga berpengalaman ikut terjun mengajar di SMK setelah dilakukan proses penambahan kompetensi keguruan. selain bidang kemaritiman, revitalisasi SMK juga akan difokuskan pada bidang ketahanan pangan, pariwisata dan industri dan ekonomi kreatif.

Muhadjir menambahkan, semua itu harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Ruang kelas dan lingkungan sekolah harus dibuat nyaman sehingga siswa dapat belajar dan beraktivitas dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s