Sekolah Rawan Bencana di Jabar Dipetakan

Republika, halaman 5

Status darurat bencana yang diterapkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) membuat sejumlah daerah di tanah Pasundan bersiap. Komisi IV DPRD Cianjur, Jabar, meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Cianjur, berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), untuk memetakan sekolah yang rawan bencana.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Cianjur, Cecep Buldan, di Cianjur, Rabu, mengatakan, hal tersebut harus dilakukan agar tidak ada lagi bangunan sekolah  berdiri diatas tanah yang rawan bencana seperti pergarakan tanah yang menimpa bangunan sekolah SMPN 3 Sukaresmi. Hal itu dilakukan guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

Dia menuturkan, dengan adanya pemetaan diharapkan mampu meminimalisir dampak bencana, terlebih melihat kondisi cuaca saat ini yang tidak menentu, sehingga pihak sekolah dan siswa dapat waspada dan siaga bencana terutama ketika hujan turun dengan deras proses belajar mengajar dapat dihentikan.

ia mengatakan, koordinasi Disdik Cianjur dengan BPBD ditujukan untuk mendata sekolah mana saja yang berada di daerah rawan bencana agar pihak sekolah dapat mengantisipasi ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi pada jam sekolah. Sedangkan, untuk sekolah yang berada di daerah dengan resiko tinggi harus segera direlokasi, guna mencegah adanya korban jiwa jika terjadi bencana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s