6.296 Guru Garis Depan Jadi CPNS

Jawa Pos, halaman 12

Pemerintah memastikan status calon pegawai negeri sipil (CPNS) para guru garis depan (GGD) mulai 1 Januari 2017. Jumlahnya mencapai 6.296 orang yang akan ditempatkan di 93 kabupaten di seluruh Indonesia. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Sumarna Surapranata mengatakan, kriteria penempatannya adalah daerah tertinggal, terdepan, dan terluar. Ia berharap para guru CPNS GGD itu meneruskan sukses pengiriman GGD periode sebelumnya. Guru-guru yang dilepas pada tahun 2015 lalu memiliki prestasi yang bagus. Di sekolah penempatannya mereka menjadi pionir dan panutan guru lainnya.

Kuota CPNS GGD sebanyak 6.296 orang itu sesungguhnya masih di bawah kebutuhan guru riil. Idealnya, pemerintah merekrut dengan jumlah sesuai kebutuhan, namun, karena anggaran terbatas jumlah tersebut menjadi jumlah maksimal untuk perekrutan.

Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia Muhammad Ramli Rahim mengatakan, penempatan GGD itu diatur dengan regulasi yang baik. Salah satunya adalah dengan kontrak jangka panjang. Saat mulai bertugas, mereka belum menerima gaji pokok yang utuh. Karena berstatus CPNS, gaji pokok yang mereka terima adalah 80 persen. Meski begitu, mereka langsung mendapatkan tunjangan profesi guru (TPG) dan tunjangan daerah khusus yang nilainya adalah satu kali gaji.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s