Masih ada 6 Juta Siswa Belum Cairkan KIP

Suara Pembaruan, halaman 17

Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikdasmen Kemdikbud), Hamid Muhammad, mengatakan, berdasarkan data pokok siswa (Dapodik) dari total 17,9 juta penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang sudah terdaftar di Dapodik baru 11,7 juta. Artinya, masih ada lebih dari enam juta penerima yang belum melakukan pencairan.

Hamid mengaku, pihaknya telah menghimbau sekolah untuk segara mendaftarkan siswa penerima KIP ke Dapodik sebelum Oktober 2016. Pasalnya, penerima yang belum terdaftar hingg akhir Oktober tidak dapat melakukan pencairan tahun ini. Mereka akan ditangguhkan hingga awal 2017 mendatang.

Hamid mengatakan, KIP disalurkan hingga 31 Oktober tahun ini. Tetapi memasukan data Dapodik tak dibatasi karena akan di siapkan penyalurannya pada tahun depan. Kemendikbud tidak bisa menunggu hingga sampai akhir tahun, dikarenakan membatasi waktu penyaluran anggaran. Meski demikian Hamid mengatakan, para penerima kartu tetap dapat mendaftarkan ke Dapodik pada November dan Desember 2016 ini. Namun, pembayaran harus menunggu anggaran baru 2017.

Selanjutnya, Hamid menyebutkan, hingga saat ini masih banyak sekolah yang belum dan masih dalam proses mendaftarkan peserta didiknya. Tecatat rata-rata ada 2.000 penerima yang mendaftarkan di Dapodik perharinya. Hamid juga mengatakan, untuk mempercepat pendaftaran, pihaknya telah melakukan imbauan pada sekolah untuk segera mendaftarkan siswa penerikam KIP ke Dapodik sebelum Oktober 2016.

Lebih lanjut, Hamid menjelaskan, pihaknya juga telah mengimbau sekolah dan bank untuk berkoordinasi. Pasalnya, adalah kewajiban kepala dinas dan bank cabang kabupaten/kota untuk mengatur kapasitas pencairan perhari. Selain itu, pihaknya juga telah meminta bank penyalur untuk tidak lama menyimpan dana tersebut, minimal satu bulan setelah penerima terdaftar di Dapodik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s