Mendikbud Harapkan LPMP Jamin Kualitas Guru

www.antaranews.com

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengharapkan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan dapat memberikan peningkatan kualitas sumber daya serta meningkatkan mutu bagi guru-guru di daerah.
Menurut Muhadjir, saat ini menjadi persoalan adalah mutu dan kualitas guru, untuk itu LPMP Sulsel sebagai perpanjangan tangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mesti bertanggung jawab dalam peningkatan kualitas dan mutu para guru kita.

Selain itu, kata dia, standar nasional akan dikaji ulang mengingat kesenjangan di sektor pendidikan masih ada ketimpangan. Salah satu revisi kebijakan adalah tidak memberlakukan Ujian Nasional, mekanismenya dikembalikan ke daerah masing-masing karena daerah sendiri yang mengetahuinya. Selain itu guru-guru akan mengajar di sekolah selama delapan jam termasuk mengajarkan pendidikan karakter.

Meski demikian, lanjut Muhadjir, revisi kebijakan ini telah dikaji termasuk tidak lagi memberikan ruang bagi guru mengajar di tempat lain untuk mendapatkan honor tambahan. Perubahan paradigma mengajar di ruang sekolah tengah digodok, dan wacana ini perlu pengawalan LPMP.  Sementara persoalan lain adalah tidak meratanya pendidikan seperti di pulau-pulau kecil dan terpencil. Mereka tidak mendapatkan pelayanan pendidikan yang cukup dibandingkan di daerah daratan perkotaan dan kota kabupaten.

Link: http://www.antaranews.com/berita/596585/mendikbud-harapkan-lpmp-jamin-kualitas-guru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s