Microsoft: Teknologi Tidak Akan Menggantikan Peran Guru

www.republika.co.id

Era digital mentransformasi cara belajar di dunia pendidikan. Berkat teknologi, siswa modern kini bisa mengakses ilmu pengetahuan dan informasi di mana saja dan kapan saja. Di masa mendatang, bukan tidak mungkin, teknologi kecerdasan buatan dan robot merevolusi cara mengenyam pendidikan bagi generasi muda. Pertanyaan besar kemudian muncul. Masihkah generasi pelajar sekarang dan di masa depan membutuhkan guru? Mungkinkah teknologi pada akhirnya menggantikan profesi pendidik?

Vice President Worldwide Education Microsoft Anthony Salcito memastikan jawabannya adalah tidak. Ia justru berpikir sebaliknya. Di era digital seperti saat ini dan masa mendatang, peran guru justru semakin besar dan dibutuhkan. Kuncinya adalah bagaimana guru merangkul perubahan dan menjadikannya alat untuk mengoptimalkan potensi siswa.

Salcito mengatakan, harus disadari potensi untuk perubahan saat ini jauh lebih berbeda. Di era digital,  terdapat jutaan persen konten dan potensi pendidikan yang tersedia bagi siswa. Tidak jarang, siswa justru belajar lebih banyak di luar sekolah. Guru pun butuh menyadari itu dan beradaptasi, tidak lagi hanya fokus pada penyebaran pengetahuan dari dirinya saja.  Jadi peran guru berubah, dari penyebaran menjadi benar benar mendorong dan menginspirasi murid untuk menyerap potensi itu.

Salah satu contoh adaptasi yang bisa dilakukan menurut Salcito adalah dengan memanfaatkan teknologi berbasis data. Guru kini bisa menggunakan aplikasi data dan statistik untuk memonitor tingkah laku, minat, potensi, hingga perkembangan siswa. Melalui data itu, guru bisa memahami lebih baik kelebihan serta kemampuan murid dan meningkatkannya. Ujungnya, metode pembelajaran yang diterapkan guru bisa semakin terarah.

Link: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/16/11/17/ogrva8284-microsoft-teknologi-tidak-akan-menggantikan-profesi-guru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s