Prakarya TIK, Ubah Perilaku Anak

Indopos, halaman 3

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dewasa ini berkembang pesat. Seiring dengan itu, sejumlah negara menerapkan pendidikan berbasis TIK. Praktisi pendidikan Indra Charismiadji menegaskan, computational thinking sangat dibutuhkan untuk mengajarkan pelajar berpikir kritis dengan kemampuan menggunakan teknologi. Namun, demikian, keterampilan baru di bidang IT tersebut masih sangat sedikit diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia.

Lebih jauh, Indra mengungkapkan, kebutuhan pekerja di abad 21 sangat bergantung pada TIK. Di sejumlah negara seperti Australia, Korea Selatan, dan Inggris computational thinking diberikan sejak dini dalam mata pelajaran seperti coding, computer sains dan computer programmer.

Indra menegaskan, kendala yang dihadapi sekolah di Indonesia adalah pada ketersediaan sarana dan prasarana. Pasalnya, computational thinking tersebuat membutuhkan sarana memadai. Selain itu, keterbatasan guru pengajar dan materi ajar juga harus segera diatasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Walaupun, menurut Indra dalam revisi Kurikulum 2013 mata pelajaran TIK telah dimasukkan, untuk guru sebaiknya diberikan pelatihan dan sertifikasi.

Ia menambahkan, computational thinking mengajarkan kepada anak untuk dapat memecahkan masalah. Caranya dengan mengelompokkan masalah sesuai pola yang sama. Sehingga ini memudahkan anak-anak memecahkan masalah tersebut. Bentuk prakarya tersebut saat ini baru diterapkan di sekolah-sekolah swasta berkelas. Ia juga menyarankan agar prakarya TIK di Indonesia dapat fleksibel tidak harus sesuatu yang rumit dan bisa saja masuk di dalam mata pelajaran apa saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s