PT dan Industri Perlu Saling Kait

Kompas, halaman 11

Penyiapan sumber daya manusia di perguruan tinggi atau PT harus terkait dengan strategi industri yang akan dibangun pada tingkat nasional, daerah, dan sektoral. Dengan demikian, SDM yang mengisi pasar kerja dapat mendorong produktivitas industri. Hal itu mengemukan dalam diskusi bertajuk “Revitalisasi Kebijakan Pendidikan Tinggi Membangun SDM Indonesia yang kompetitif”, Kamis (17/11), di Jakarta. Wakil Ketua Komite Tetap Pelatihan Tenaga Kerja Kadin Indonesia Miftahudin mengatakan, dalam penyiapan SDM yang dibutuhkan pasar kerja, sistem pendidikan vokasi dan akademik tetap harus saling mengisi. Pengembangan SDM dari sistem pendidikan ini harus didesain untuk mengisi kebutuhan industri yang saat ini ada dan industri yang tumbuh di masa depan.

Menurut Miftahudin, pengembangan SDM yang terkait dengan strategi industri membuat kebutuhan tenaga kerja dalam rantai suplai industri bisa dipenuhi dan mudah didapatkan. Jika SDM dan industri berjalan sendiri, terjadilah mismatch atau kesenjangan antara lulusan dan pekerjaan.

Menurut dia, Indonesia kini sangat membutuhkan koordinasi, kesepahaman bersama, dan mulai bekerja serius untuk dapat mewujudkan pengembangan SDM, terutama di PT, yang dapat menjamin adanya tenaga kerja berketerampilan tinggi. Mengacu data tenaga kerja per Agustus 2016 dari Badan Pusat Statistik, Kadin mencatat ada 12,24 juta lulusan PT dan tingkat pengangguran sebesar 5,61 persen. Setiap tahun lulusan PT lebih banyak daripada jumlah pekerja yang diperlukan perusahaan, tetapi masih banyak perusahaan yang sulit mendapatkan tenaga kerja sesuai kualifikasi yang diharapkan.

Sementara itu, Deputi Pengkajian Strategik Lembaga Pertanahan Nasional, Djagal Wiseso mengatakan, di PT minim kepemimpinan, tata kelola, dan arah pendidikan yang sesuai paradigma nasional. Hal ini juga terlihat dari kurang jelasnya mandat keilmuan dan riset yang dikembangkan PT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s