Tunjangan Profesi Guru Non-PNS Dicairkan Lebih Cepat

Koran Sindo, halaman 16

Pemerintah mempercepat pencairan tujangan profesi gutu (TPG) non-PNS pada bulan ini. Tunjuannya agar menjadi contoh bagi pemerintah daerah agar mempercepat pencairan TPG PNS. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sumarna Surapranata mengatakan, pembayaran TPG non-PNS sedianya baru akan dilaksanakan pada Desember untuk pembayaran triwulan keempat masa bayar Oktober-Desember. Namun, menurutnya, Kemendikbud membayarnya pada November ini agar pencairan TPG bagi guru PNS juga bisa dibayarkan.

Pranata menjelaskan, jumlah guru non-PNS yang mendapat tunjangan profesi lebih dari 200.000 guru. Alokasi anggaran tunjangan bagi guru non-PNS ini, katanya, mencapai Rp 6 triliun dengan masing-masing tahap pencairannya mencapai Rp 1,5 triliun. Dia menjelaskan, meski bukan PNS, guru-guru ini berhak menerima tunjangan karena sudah bersertifikasi. Pemberian TPG ini juga sudah sesuai dengan amant UU Nomor 14/2005 tentang Guru dan Dosen.

Sementara itu terkait dengan pencarian TPG PNS, Pranata menjelaskan, haknya berada sepenuhnya di pemerintah daerah. Menurut dia, pemerintah pusat tidak bisa mengintervensi, tetapi hanya memberi imbauan agar pencairannya turut dipercepat. Dia menekankan, pencairan yang telat bukan karena anggran TPG dipakai pemerintah daerah untuk keperluan lain tetapi birokrasi yang sangat berbelit-belit di lingkup pemerintahan daerah itu sendiri.

Dijelaskan lebih lanjut, pemerintah telah menetapkan batas waktu pencairan TPG bagi guru PNS, yakni sampai 16 Desember nanti. Dia berharap aturan tersebut ditepati pemerintah daerah.

Menurut pengamat pendidikan dari Eduspec Indra Charismiadji, perlu ada tindakan tegas agar pemerintah daerah segera membayarkan uang tunjangan tersebut. Sebab, menurutnya, banyak modus pemerintah daerah yang meminjam dulu anggran TPG tersebut untuk keperluan lain. Hal ini disinyalir banyak dilakukan pemerintah daerah karena pemerintah pun melakukan pemotongan untuk penghematan anggaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s