Hindari Pemisahan

Kompas, halaman 11, Sabtu, 20 Nov

Anak berkebutuhan khusus berhak mendapatkan pendidikan yang sama dengan yang diterima oleh anak tidak berkebutuhan  khusus. Namun, prinsip ini tidak bisa diterapkan dengan baik karena di tengah masyarakat masih tertanam kuat pandangan bahwa anak berkebutuhan khusus harus dipisahkan. Paka pendidikan Doni Koesoema mengatakan, prinsip pendidikan adalah setiap individu berhak mengikuti sekolah reguler dan inklusif. Namun, dalam pemikiran masyarakat, termasuk pemerintah, masih ada pandangan fragmentaris, yaitu membagi anak-anak Indonesia ke dalam kategori ‘normal’ dan ‘tidak normal’.

Pola pikir yang memisahkan anak-anak berkebutuhan khusus mengakibatkan mereka yang terlahir dengan perbedaan dari anak kebanyakan langsung diisolasi. Anak-anak ini dihakimi tak bisa berfungsi layaknya anggota masyarakat lainnya. Padahal, semua anak memiliki kebutuhan khusus masing-masing. Ada anak yang cepat tanggap, tetapi ada yang membutuhkan waktu lama untuk menyerap pelajaran. Ada anak yang cepat mengingat materi tertulis di buku atau papan tulis. Ada pula yang mengingat lewat suara.

Pakar kurikulum pendidikan luar biasa Universitas Negeri Jakarta Asep Supena memaparkan, perancangan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus diarahkan pada dua pilihan. Apabila anak ini menurut analisi psikologis memiliki tingkat kecerdasan yang kurang, ia diarahkan masuk SLB karena di sekolah ini diajarkan keterampilan untuk masuk ke dunia vokasi.

Namun, apabila anak berkebutuhan khusus tidak memiliki hambatan kecerdasan, hendaknya ia diarahkan untuk masuk sekolah reguler yang ditunjuk sebagai sekolah inklusi. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusi menyatakan, pemerintah kabupaten/kota wajib menyediakan minimal satu guru pembimbing khusus di sekolah-sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah inklusif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s